Wirausaha Muda Mandiri part 2

Penulis: Rhenald Kasali
Jumlah Halaman: 344 hal

Buku ini merupakan kelanjutan dari buku Wirausaha Muda Mandiri sebelumnya yang mengulas tentang berbagai wirausaha muda dan bisnis yang mereka jalani, khususnya yang merupakan pemenang dari program yang berjudul sama, yaitu Wirausaha Muda Mandiri, yang diadakan tiap tahun oleh Bank Mandiri. Kisah-kisah jatuh bangun dan kerja keras tersebut dikompilasi oleh salah satu pakar ekonomi dan bisnis Indonesia, yaitu Rhenald Kasali. Tidak hanya berbagai macam kisah wirausahawan yang dapat kita baca, namun tips-tips dari Pak Rhenald juga turut menghiasi tiap bab dari buku ini. Tips-tips tersebut selalu berhubungan dengan bisnis salah satu wirausahawan yang sedang dibahas.

Contohnya adalah kisah pertama berjudul ‘Bisnis Merdu Mencipta Gitar Customized’ yang menceritakan bisnis yang dikerjakan oleh Muhammad Satrianugraha. Bisnis Satria ini tergolong unik, yaitu menciptakan gitar customized sesuai dengan permintaan pelanggan. Dan jangan anggap remeh lho. Client dari Satria ini sudah mencapai taraf internasional dengan mengerjakan berbagai macam pesanan dari client mancanegara. Untuk meningkatkan kepercayaan client terhadap proses pengerjaan dan kualitas produk yang dihasilkannya, Satria menciptakan terobosan bagi bisnisnya, yaitu selalu memberikan update terbaru dari proses pembuatan gitar tersebut kepada pemesannya. Satria akan mengirimkan foto-foto proses pembuatan gitarnya secara berkala, yaitu setiap seminggu. Mulai dari kayu yang masih balok, hingga menjadi gitar yang rapi.

Setelah cerita tentang bisnis ini, Pak Rhenald memberikan tips dalam tag ‘Hukum Wirausaha’. Sehubungan dengan customized gitar ini, tips Pak Rhenald adalah ‘Keunikan adalah Monopoli’. Beliau membahas tentang proses pembelajaran dalam suatu bisnis utnuk dapat menghasilkan suatu produk yang unik dan juga berkualitas. Hasilnya, produk yang unik dan berkualitas tadi akan dapat menciptakan hubungan personal yang unik dan menjadi monopoli. Beliau mengatakan, “Keunikan adalah salah satu bentuk monopoli. Jika tidak demikian, sebuah produk akan mudah ditiru”.

Tentu tidak hanya kesuksesan saja yang dibahas dalam buku ini. Berbagai kegagalan maupun hambatan yang menghadang juga turut dibahas sekaligus menunjukkan kepada kita bahwa tidak ada kesuksesan yang instan. Kesuksesan tentu melalui berbagai proses yang cukup panjang dan biasanya melibatkan berbagai kegagalan-kegagalan kecil di tengahnya. Contohnya, cerita Hamka Alwi yang pernah menjadi fotografer acara pernikahan dan menghanguskan film kameranya sehingga mengecewakan clientnya. Berawal dari kegagalan tersebut, kini dia menjadi salah satu fotografer yang cukup dikenal di daerahnya.

Total, dalam buku ini, terdapat 24 kisah wirausahawan muda yang rata-rata memulai bisnis sejak masih di bangku sekolah/kuliah dan dapat berkembang hingga sekarang. Tentunya juga dilengkapi berbagai tips wirausaha (sebanyak 24 tips) dari Pak Rhenald.

Buku ini cocok dibaca untuk siapapun yang ingin menambah wawasan, terutama sangat direkomendasikan untuk mereka yang ingin menjadi wirausaha atau memulai proses menjadi enterpreneur. Dari berbagai kisah yang ada, dapat ditemukan persamaan dari kesemua pebisnis muda ini, yaitu semangat pantang menyerah serta ide yang unik yang mungkin sebelumnya tidak pernah digarap orang lain. Kita pun dapat belajar berbagai hal yang menarik melalui tips dari Pak Rhenald Kasali.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s